Pdam Kota Bandung

 

Sudah 2 minggu lebih pasokan air bersih pdam kota bandung tidak mengalir di rumah kami. Hal ini bukan hanya pertama kali terjadi, tetapi sudah beberapa kali terjadi. Pernah suatu kali air tidak mengalir lebih dari 1 bulan !!!. Bagi kami hal ini sangat menyengsarakan sekali, dengan tidak lancarnya air bersih mengalir dari pdam membuat aktifitas dirumah sangat terganggu sekali.

Hari senin tgl 15/01/06 saya berinisiatif untuk melaporkan kejadian ini pada pdam. setelah mencari dengan bantuan Om Google, akhirnya ketemu url http://www.pambdg.co.id , setelah klik sana klik sini, akhirnya saya mendapkan no tlp pdam, yaitu 2509030, 2509032, 2503582, sebenernya ada no khusus untuk pengaduan 2509031, tetapi no ini selalu sibuk ketika di hubungi.

Setelah berkali kali dicoba, akhirnya saya dapat berbicara dengan orang pdam bagian pengaduan pelanggan.

orang pdam : halo..
Saya : halo.. pagi.
orang pdam : bisa dibantu
saya : begini pa, air di tempat saya sudah 2 minggu tidak mengalir
orang pdam : alamatnya dimana pa?
saya : jl. ******* no **, masalahnya begini pa, 100 meter dari tempat saya air nya bisa mengalir
orang pdam : baik pa, nanti kita cek, ada no tlp yg bisa di hubungi
saya : ada pa 541****
orang pdam : baik pa, terimakasih atas laporannya
saya : sama-sama

Malam harinya, sekitar jam 9 saya coba membuka kran saluran air pdam, yang keluar angin sangat kencang sekali, saya tunggu beberapa saat, tetep hanya angin yang keluar. begitu terus setiap 30 menit saya coba sampai jam 11 malam tidak ada air yang keluar, hanya angin. (PDAM=perusahaan daerah angin …. !!!)

Besok pagi, menurut orang di rumah, ada telp dari pdam, yang mengabarkan bahwa air sudah dibuka untuk daerah kami. Tetapi setelah dicek ternyata yang keluar angin kencang, ditunggu beberapa menit… tetep… angin yang keluar bukan air !!!

Hari ini tgl 17/01/06 saya mencoba menghubungi pdam kota bandung kembali. setelah tersambung terjadilah percakapan sbb :

pdam : selamat padi dengan pdam, bisa dibantu
saya : selamat pagi, ini pa saya mau melaporkan, air sudah 2 minggu lebih tidak mengalir di tempat saya.
pdam : alamatnya di mana pa
saya : jl. ********* pa
pdam : memang bener sudah 2 minggu air tidak mengalir didaerah tsb
saya : trus gmana pa
pdam : sedang ada perbaikan mesin
saya : mesin apa
pdam : mesin penyuplai/pengatur air, mungkin siang ini baru selesai
saya : tapi pa, sekitar 100 m dari tmpt saya airnya mengalir pa?
pdam : ngga mungkin pa, kan ga ada pipa khusus
saya : o begitu, tapi saya suka beli tuh air dari mereka
pdam : mungkin air sisa sisa pa, mereka sedot pake pompa
saya : o begitu, trus kapan dong air bisa mengalir
pdam : mungkin nanti sore atau besok
saya : o begitu, kalo saya mau tau tentang giliran air ngocor di tempat saya gmana pa?
pdam : iya memang di gilir 2 hari sekali
saya : kalo saya mau tau giliran tempat saya gmana pa?
pdam : gini pa, kalo air di tempat bapak mengalir hari ini, besok tdk mengalir, nah esok harinya lagi baru mengalir kembali.
saya : o begitu… ya udah deh pa mudah2 an perbaikan mesin cepet selesai, biar airnya mengalir dengan lancar.
pdam : iya, terimakasih.

Demikianlah pengalaman saya dalam minggu ini, dengan pdam kota bandung.

Kumaha atuh ….

Advertisements

10 responses to “Pdam Kota Bandung

  1. Pingback: Pdam Kota Bandung II « Hen’s

    • Dirumah saya (Antapani) air pdam sangat kotor dan bau tidak sedap (spiteng)…saya sudah mencoba telepon ke pengaduan pdam tetapi tidak diangkat saja, terus saya mencoba cari di website untuk no tlp yg lain akan tetapi setelah saya coba hubungi ternyata no nya “belum terpasang”. MOHON ada perbaikan secepatnya dikarenakan baunya menempel ke baju,piring,gelas dan tangan pun sampai bau…

  2. KENAPA SETELAH ADA PERBAIKAN SEWAKTU BULAN PUASA KEMARIN DIDAERAH KIARACONDONG YANG MASA PERBAIKAN MEMAKAN WAKTU HAMPIR 1 MINGGU LEBIH DAN MENYEBABKAN DAERAH KAMI TIDAK ADANYA AIR PDAM YANG MENGALIR KE TEMPAT KAMI,BAHKAN UNTUK AIR WUDHUPUN TIDAK ADA,SEHINGGA KAMI TERUTAMA SAYA PRIBADI,HARUS MEMINTA DAN MENGANGKUT AIR PADA WARGA LAIN YG MEMPUNYAI SUMUR,(MAAF MANA PADA WAKTU ITU WARGA DALAM KEADAAN SEDANG MENJALANKAN PUASA)TAPI KAMI MEMAKLUMI DAN MENYADARINYA KARENA PERBAIKAN YANG PDAM LAKUKAN DEMI KEPENTINGAN DAN KEBAIKAN PARA PENGGUNA DAN PELANGGAN PDAM, TETAPI KENYATAANNYA JANGANKAN LEBIH BAIK, YANG TADINYA KAMI BISA MENDAPATKAN AIR, TAPI SEKARANG MALAH TIDAK ADA AIR,JADI TUJUAN PIHAK PDAM SEWAKTU PERBAIKAN DITEMPAT KAMI ITU APA???KAMI SEBAGAI PELANGGAN APABILA TERLAMBAT MELAKUKAN PEMBAYARAN SAJA DIKENAKAN DENDA,TAPI PDAM TERLAMBAT MEMBERIKAN AIR PADA PELANGGANNYA??!!!!!! SEAKAN AKAN TIDAK MAU TAHU.TOLONG BERIKAN PELAYANAN SEBAIK DAN SEPUAS MUNGKIN UNTUK PELANGGANNYA,KRN PELANGGANPUN MENGIKUTI PERATURAN APA YANG SUDAH DI TETAPKAN PIHAK PDAM,BEGITUPUN SEBALIKNYA TOLONG BERIKAN HAK PELANGGAN ANDA UNTUK DIBERIKAN AIR YANG SESUAI.JANGAN KAN LEBIH BAIK YANG TADINYA KAMI DAPAT ALIRAN AIR SEKARANG MALAH KOSONG.SEKALI LAGI SAYA MINTA TOLONG DIPERHATIKAN HAK SEMUA PELANGGAN.ATAS PERHATIANNYA KAMI UCAPKAN TERIMA KASIH.

  3. kepada PDAM ….saya sebagai warga yg mengkonsumsi air dari PDAM, saya selalu melakukan KEWAJIBAN untuk mambayar PDAM tepat waktu. Tetapi kami sebagai warga jl samad no 207/41 RT 06 RW 09 kel Sukamaju tidak mendapatkan HAK untuk memperoleh air dan selalu kesulitan untuk mendapatkan air dari PDAM. Sudah sekitar 1 bulan di daerah kami tidak kebagian air dan kami hanya dapat jatah air pada malam hari sekitar jam 2 malam dan itupun sangat sulit u/ diperoleh. Kami kebagian air itu kalau malam hari dan hampir tiap hari saya bergadang untuk mendapatkan air dan itu juga kadang ngalir kadang engga maksudnya ngalirnya sebentar…dan hal ini sangat MENYIKSA bagi saya dan keluarga saya, kasihan pas besok nya kerja pada ngantuk dan mengganggu pekerjaan(KERJANYA JADI GA SEMANGAT alias loyo)…padahal sebelumnya sekitar sebulan yg lalu sebelum tetangga sebelah kami memasang pipa baru, kami selalu kebagian air..tetapi setelah tetangga kami memasang pipa baru di rumah kami ga kebagian air tetapi dia selalu lancar ….

    DAN KEPADA PDAM tolong SUPAYA ada tindak LANJUTNYA DAN ADA PERBAIKAN SALURAN DI TEMPAT KAMI . DAN bagaimana caranya supaya kami kebagian air…..KAMI SEBAGAI WARGA MEWAKILI WARGA LAINNYA YG SUDAH TERSIKSA DENGAN TDK ADANYA AIR…..

  4. Sudah hampir seminggu ini air pdam tidak bisa mengalir SAMA SEKALI (di ANTAPANI, jl.Cicalengka) Pdhl pdam adalah satu-satunya sumber air yg kami punya.Saya sdh ke pengaduan pdam jl.Atlas,dan kmdn sy laporkan lg ke jl,Badak singa.Katanya ada perbaikkan.Tp sampai kapan pak…?? 2 bln yl kejadian ini pernah terjadi,hingga akhirnya kami beli air utk kbthn sehari2.Dan herannya,tetangga di gang lain rasanya tdk mengalami apa yg dirasakan gang kami.Benar2 sangat tidak mengenakkan keadaan ini.Pdhl musim hujan,knp kekeringan ya….Mohon perhatiannya pak..

  5. Sebelumnya saya ucapkan Terimakasih kepada para mengunjung blog ini, saya sebenarnya bukan pegawai PDAM BANDUNG, jadi tidak dapat menjawab keluh kesah pengunjung blog ini.
    Mudah mudahan saja ada pihak yang berkompeten dari PDAM Kota Bandung yang juga membaca keluh kesah para warga Bandung disini, sehingga dapat memecahkan permasalahan aliran air pdam di kota bandung.

    Terimakasih,

  6. PDAM parah

  7. Saya Warga daerah Babakan Sumedang Kiaracondong RW 11 kelurahan Babakan Sari, sejak tanggal 4 Desember sampai dengan hari ini Selasa tanggal 9 Desember pasokan air PDAM tidak ngocor. Mengapa tidak ada pemberitauan? Kalau alasannya digilir, masa sampai hampir satu minggi air tidak ngocor ? Dan bukan kali ini saja hal ini terjadi, dua minggu sebelumnyapun kejadian ini terjadi air tidak ngocor sampai beberapa hari.
    Bagaimana ini, semakin hari pelayanan PDAM semakin buruk saja.

  8. D wilayah kami tepatnya d jl.jakarta 4 antapani dan sekitarnya sudah 4hari tidak ada air,pemberitahuan dari pihak PDAM nya pun tidak ada!saya mewakili warga sangat kecewa dengan kejadian ini,masalahnya tidak ada satu orang pun yg datang dan memberitahu kejadian ini!sepertinya tidak perduli atau bagaimana??kalau tidak perduli kenapa?kami selalu rutin bayar tiap bulan malah lewat dari satu hari aja d denda!dan sebagai PDAM harusnya memberikan yang terbaik buat warga sekitar.kami harap perhatiannya dan terima kasih.

  9. didaerah kami jl. soma,parepandan sdh hampir 1 bulan ini tidak mendapat aliran air pdam , saya sdh tiga kali mengadukan hal ini….tapi jawaban klise akan ditinjau dan lain2 padahal ada oknum yang menjual jasa perbaikan dan istilahnya disumbu jarak dari rumah saya cuman 50 meter dan langsung mendapat aliran air….bagaimana ini tetangga disekitarnya yang tidak memperoleh air?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s