BPN kota bandung mempermudah layanan

BPN kota bandung akan mempermudah 14 pelayanan urusan tanah, dengan hanya mengenakan tarif 25.000 dengan waktu pengurusan dari satu hingga 7 hari saja. demikian dikatakan Kepala BPN Kota Bandung A. Samad Soemarga, S.H., M.H.

Selain penyederhanaan 14 macam urusan di atas, mulai tahun ini BPN juga gencar melancarkan program sertifikasi untuk masyarakat miskin melalui layanan rakyat untuk sertifikasi tanah (larasita). Sejak diluncurkan pada awal 2007, layanan pembuatan sertifikat secara mobile itu telah diminati oleh 1.237 pemohon dari 46 kelurahan. Sebanyak 286 di antaranya telah diterbitkan menjadi sertifikat.

“Masyarakat tidak usah datang ke kantor BPN, tapi kami yang jemput bola menggunakan mobil larasita,” ucapnya.

berita lengkapnya dapat dibaca disini

ada yang punya pengalaman dengan BPN kota bandung ?

13 responses to “BPN kota bandung mempermudah layanan

  1. Kelly Kalimantana

    saya sedang mengurus sertipikat saudara saya yang telah dikeluarkan oleh BPN kota Bandung tahun 1981, pada tahun 2008 ada pihak lain yang mengaku ahli waris dari pemilik tanah saya tersebut ( anak bekas penggarap ) memohonkan sertipikat ke BPN Bandung dengan dasar copy letter c dari desa ( di desa tidak ada yg asli hanya copy ),
    setelah diteliti lagi di kecamatan letter c atas nama pemohon tersebut tidak ada, yang ada letter c atas nama saudara saya,
    BPN pada bulan Agustus 2008 melakukan mediasi antara pihak saudara saya sebagai pemegang SHM dengan Pemohon, dengan hasil mediasi tersebut menyatakan bahwa SHM milik saudara saya tersebut adalah sah,
    dan Permohonan yang dilakukan oleh orang mengakui pemilik tersebut akan dikembalikan karena tidak sesuai dengan prosedur permohonan,
    Tapi sampai sekarang setelah diminta berkali-kali BPN kota Bandung, tidak juga mengeluarkan Surat atau Notulen hasil mediasi tersebut,
    Serta ketika kami melakukan pengecekan atas Sertipikat tersebut, dinyatakan masih ada masalah,
    Perlu juga ditambahkan, ternyata sudah ada pihak lain yang membeli ( uang muka serta Pengikatan Jual Beli ) tanah tersebut, yang merasa dirugikan, dan Anehnya BPN mengakomodir calon pembeli tersebut dengan memasukkan sebagai pihak dalam mediasi.
    Kami merasa tidak mendapatkan kepastian Hukum atas Hak Tanah yang kami miliki sejak taun 1951 ( AJB ).
    Padahal BPN Bandung yang notobene mempropagandakan melalui memotonya mengenai Kepastian Hukum atas Tanah.
    Dimana keadilannya, dimana kepastian hukumnya….

  2. saya mau menanyakan biaya pembuatan hak milik rumah perumnas yang berlokasi di sarijadi dengan masa kadaluarsa hgb bulan desember 2008, mohon segera untuk dijawab karena kami takut kl tertipu sama calo karena kami hanya tinggal dengan ibu, sedangkan bapak sudah meninggal dan bagaimana cara pengurusannya karena saat ini surat2 pengantar sudah selesai sampai tingkat kecamatan. Terima kasih…

  3. mbak kiki, yg saya pernah dengar biaya pengurusan HGB menjadi SHM sangat beragam, dari yg GRATIS s/d jutaan rp.
    Saran saya mbak coba hubungi kantor bpn (kalo tidak salah di jl.soekarno hatta), kemudian menanyakan tentang hal ini. Kalo ada waktu, mending mbak urus sendiri aja, lebih murah.

    salam,
    hendra.

  4. saya mau menanyakan tata cara membuat SHM.Lokasi tanahnya di daerah Rancaekek persisnya di daerah Parakan muncang Luasnya 210m dan mengenai biayanya kurang lebihnya brp

  5. ada yang punya pengalaman ngurus sendiri peningkatan dari HGB ke HM di BPN Bandung ?
    apakah mudah dan bebas dari pungli ?
    please info

  6. saya mengucapkan banyak terima kasih pada bpn bandung, khususnya dengan pelayanan larasita.
    program ini sangat membantu sekali bagi masyarakat yg masih awam dg birokrasi pertanahan. Alhamdulillah sertifikat tanah ayah saya dan saya sendiri sudah selesai dengan harga terjangkau dan tidak bertele-tele. Salut untuk LARASITA,

  7. saya mau menanyakan mengenai pembuatan sertifikat dan split tanah dari akta jual beli menjadi sertifikat, kira-kira untuk pembuatan tersebut berapa lama sampai keluarnya sertifikat tanahnya sedangkan persyaratannya sudah lengkap, terima kasih

  8. Sy hendak membeli tanah dan bangunan tapi pemiliknya belum memiliki SHM,surat” apa saja yang bisa digunakan u/ transaksi J/B yang sah dan dapat menjadi bukti kuat bahwa dia adalah yang empunya agar saya tidak tertipu dan tidak bermasalah saat pembuatan SHM atas nama sy. Mohon bantuannya.

  9. Tanggal 06 Desember 2011 yang lalu sy mengajukan permohonan alih cessie dengan No. Berkas 75334/2011 & 75335/2011 melalui loket, mohon informasinya apakah sudah selesai ? sy telp ke no. 022 – 7562055 selalu tidak ada yang menjawab.

    T.Putra Hasibuan.

  10. assalamu’alaikum,
    Saya minta penjelasannya dari BPN tentang program sertifikat tanah ( PRONA), karena dari informasi yg saya dapat sangat membingungkan perihal persyaratan dan biaya administrasinya.
    Di Kelurahan tempat tinggal ibu saya hanya mencapai Rp. 1.750.000 untuk luas tanah kisaran 200meter (dasarnya hanya kikitir ),
    Tapi di Kelurahan saya bisa mencapai 3juta-3,5juta, padahal luasnya hanya kisaran 120meter dan suratnya sudah bentuk Akte.
    Mohon hal ini diklarifikasi dan di Sidak disetiap kelurahan, karena mungkin program ini dijadikan kesempatan untuk mencari keuntungan oleh pihak-pihak tertentu.
    Bukankah program ini bertujuan utk membantu masyarakat miskin?
    Terimakasih utk kesediaannya BPN melakukan sidak….

    Wassalamu’alaikum, wr.wb.

  11. mohon kasih tahu syarat 2 kenaikan status HGB ke SHM ,Karna saya beli atas nama orang lain,

  12. no. kantor BPN bandung jl. sukarno hatta (022) 7562055 di telepon ga di angkat. kenapa??

  13. Bisakah mencari sertifikat induk yang sudah dilimpahkan ke bpn,untuk membuat sertifikat pecahannya…?

Leave a Reply

