Beberapa Perintah Linux Melalui Console

PERINTAH PRINTAH DI LINUX MELALUI CONSOL

* vim = perntah edit file
* /etc/init.d/restart network = perintah untuk restart nerwork
* gedit = printah edit file
* df -h = perintah untuk mengetahui kapasitas hardisk
* sudo bash / su = untuk masuk sebagai administrator
* mkdir = untuk membuat folder
* rm -rf = cara menghapus folder
* vim nama text = cara membuat text file
* net use lpt1 //no ip user/nama printer = perintah untuk membuat print cepat /ctrl P
* init 0 = printah shoutdown melalui consol
* init 6 = printah untuk restart system melalui consol
* cd = printah untuk masuk ke directory
* cd / = printah untuk keluar dari directory
* ls = printah untuk mengetahui isi directory
* cat = printah untuk mengetahui isi file
* cp = perintah untuk mencopy file. tekan v= untuk block file. tekan Y=untuk copy. tekan P=untuk paste
* rm = perintah untuk menghapus file
* less = untuk melihat isi file secara dscrool
* tail = menampilkan 10 baris terakhir
* mv = untuk memindahkan file ( cut )
* sudo tail -f /var/log/squid/access.log = untuk mengetahui siapa aja
yang borwsing dan yang mengunakan internet, sepuluh baris terakhir
* ssh kholil@192.168.0.117 = cara untuk remood user
* sudo vim /etc/squid/squid.conf = cara meng edit squid
* sudo mount /dev/fd0 Desktop/floppy/ =untuk mengenalkan floppy
* mount /dev/hda2 Desktop = cara untuk mengenalkan hardisk
* passwd = cara mengganti password
* vim /etc/samba/smb.conf = ( ket ) isikan (writable =yes) ( browsable
=yes) ( path =/root/Desktop/hardisk) (public = yes ) cari scurity nya
dan ganti dg (scurity = share ) kemudian simpan = cara shering lewat
console
* vim /etc/network/interface = cara menganti ip lewat console
* chmod +x nama text = perintah untuk membuat file eksekusi
* dpkg-reconfigure xserver-xorg = cara untuk mendeteksi new hardware
* jika media player tidak bisa di gunakan coba install vnc common
* nautilus = di gunakan untuk copy data dari root ke usr
* iftop = untuk melihat traffic bandwith internet
* apt-get install gwget = gwget adalah sofware untuk download
* apt-get install down them all = down them all adalah sofware untuk download caranya open mozila-pilih tools-add ons
* ifconfig eth0:1 192.168.5.1 = cara untuk membuat ip lebih dari 1
* tail -f /var/log/syslog = cara untuk check klo ada system yang error
* dmesg | grep lp = cara check klo ada system printer yang error
* apt-get install ssh = untuk remod komputer
* vim /etc/ssh/sshd-config = ganti permit root login = no menjadi =yes =agar ssh bisa di jalankan
* cara menganti password root = booting komputer dg mengunakan live cd
pc linux,buat folder di root contoh #mkdir data, setelah itu ketikan
#mount /dev/hda1 data lalu enter,setelah hardisk root nya udah di mount
langkah kedua ketikan #chroot . ( titik ) lalu enter setelah itu
ketikan passwd dan isikan password baru.
* scp -r sysadmin@192.168.0.1:/home/sysadmin/showrewall
/home/kholiljibril/Desktop = cara copy folder dari computer lain lewat
console

vim /etc/sudoer  = perintah edit untuk menjalankan sudo bash agar bisa masuk root

Advertisements

3 responses to “Beberapa Perintah Linux Melalui Console

  1. Perinta yang kamu ketik ni salah wak: * /etc/init.d/restart network = perintah untuk restart nerwork……

    yang benernya : * /etc/init.d/network restart = perintah untuk restart nerwork

  2. PENGEN BELAJAR LINUX KAYAKNYA… PERINTAH INI BISA DIBUAT BELAJAR NEH

  3. dah lama ga mainan linux.. thanks atas sharingnya,.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s